KENCONG JUARA SATU CERDAS CERMAT OLIMPIADE ASWAJA PUTRI

Lewat persaingan yang demikian sengit, akhirnya terjawab sudah jawara lomba paling bergengsi di perkemahan nasional ini. 
Panggung workshop ilmiah di arena Perwimanas yang berada di depan masjid PP Babussalam disulap menjadi ajang pamungkas lomba cerdas cermat olimpiade Aswaja putri. Ada empat kontingen yang maju pada babak final ini. Mereka adalah utusan dari PC LP Ma’arif NU Kencong-Jember, Sidoarjo, Lumajang serta Kota Mojokerto.
Seperti diberitakan sebelumnya, utusan peserta perkemahan diadu dalam kegiatan lomba cerdas cermat Aswaja. Mereka harus mengerjakan sejumlah soal yang telah disediakan panitia secara online. 
Mereka dikumpulkan di mushalla dan diberikan materi soal yang harus dijawab secara serempak. Peserta diwajibkan menjawab setidaknya lima puluh soal Aswaja yang diselesaikan selama dua puluh menit. 
Dari seratus peserta yang mengikuti seleksi di babak awal, dipilih hanya 15 peserta putra dan putri untuk maju pada babak berikutnya. Untuk peserta yang masuk seleksi tahap dua juga diberikan soal dengan mekanisme seperti babak awal. 
Dari 15 peserta dipilih 4 peserta baik putra maupun putri. “Mereka inilah yang akan memasuki babak final dengan memperebutkan juara satu, dua, tiga,” kata Abdul Latif, petugas di bagian Informasi dan Teknologi.
Saat babak final, mereka melewati sejumlah babak. Yang pertama adalah berupa tanya jawab, dilanjutkan tanya jawab lemparan, khitabah serta adu cepat.
Untuk khitabah, para peserta harus menjelaskan soal yang telah dipilih. “Penilaian kemampuan berpidato sangat menentukan,” katanya.  
Beberapa waktu berselang, babak final diselenggarakan. “Dan terpilih kontingen dari PC LP Ma’arif Kencong sebagai juara pertama,” kata Hizbullah Huda yang juga sebagai koordinator kegiatan ini.

Kontingen PC LP Ma’arif Kencong berpose dengan dewan juri dan Pindamping

Dengan didampingi dua temannya, Siti Robiah berhasil secara meyakinkan sejumlah dewan juri, panitia serta suporter sehingga berhasil menjadi juara pertama. Kontingen ini mengumpulkan nilai 885.
Untuk juara kedua diraih utusan dari PC LP Ma’arif Sidoarjo dengan total nilai 722. Sedangkan kontingen dari Lumajang sebagai juara ketiga yang diikuti utusan dari Mojokerto sebagai juara empat. 
Kesan peserta terhadap lomba ini sangat luar biasa. “Tidak ada kegiatan seperti ini di tempat lain, apalagi tingkat nasional, ” kata supporter dari Kencong sembari sumringah. Selamat ya.

Leave a Comment